Jenis-jenis software komputer


Softholic mania pasti sering menggunakan software untuk mempermudah kegiatan proses komputasi yang dilakukannya. Namun banyak dari antara softholic mania pasti sering menggunakan software namun tidak mengetahui secara jelas dan rinci apa itu sebenarnya software ?

Software atau yang biasa disebut perangkat lunak merupakan kumpulan perintah yang dibuat dengan bahasa pemrograman yang memiliki suatu kesatuan yang sama sehingga menghasilkan program/applikasi yang memiliki nilai dan tujuan tertentu.

Software jika kita jabarkan dari jenisnya ternyata memiliki beberapa perbedaan, diantaranya :

  1. Adware
    Dari namanya kita bisa langsung menyimpulkan bahwa software jenis ini menyisipkan iklan di dalam programnya. Software jenis ini biasanya bersifat gratis namun dengan kompensasi iklan yang muncul.
  2. Beerware
    Software jenis ini bisa saya bilang unik karena beerware merupakan software yang berlisensi bebas. Software jenis ini bisa dipergunakan untuk tujuan apapun, namun jika pengguna beerware merasa software yang dipergunakan sangat berguna mengharuskan mentraktir beer jika bertemu dengan pembuat softwarenya.

    /*
    * —————————————————————————-
    * “THE BEER-WARE LICENSE” (Revision 42):
    * wrote this file. As long as you retain this notice you
    * can do whatever you want with this stuff. If we meet some day, and you think
    * this stuff is worth it, you can buy me a beer in return Poul-Henning Kamp
    * —————————————————————————-
    */

  3. Freeware
    Software jenis ini sifatnya gratis dan bisa dipergunakan tanpa batasan waktu tertentu. Software jenis ini biasanya memiliki fitur yang kurang powerfull.
  4. Shareware
    Software jenis merupakan kebalikan dari freeware karena shareware memiliki batasan waktu tertentu dan mengharuskan user melakukan validasi kepemilikan software dengan serial number yang didapatkan dari membelinya. Software ini biasanya memiliki kemampuan yang powerfull.
  5. Spyware
    Spyware merupakan software yang berfungsi untuk memantau ataupun memata-matai aktivitas komputer yang dilakukan oleh user. Software ini lebih sering disalahgunakan untuk kepentingan pencurian data.
  6. Open source
    Open source software atau software sumber kode terbuka merupakan software yang dapat diubah, ditingkatkan, ataupun disebarluaskan karena memungkinkan user untuk melihat source code dari software. Software jenis ini biasanya dikembangkan oleh perorangan ataupun komunitas dan memiliki lisensi General Public License (GPL).

Jenis software sebenarnya masih sangat banyak seperti, careware, crippleware, donateware, donationware, greenware, greyware, dan registerware. Namun berdasarkan penggunaanya 6 jenis software yang sudah saya jelaskan diatas merupakan jenis software yang paling sering dipergunakan.

Tags: ,

2 Responses to “Jenis-jenis software komputer”

  1. putu Says:

    mana rinkasanya

  2. admin Says:

    ringkasa apa ? bisa diperjelas

Leave a Reply


− three = 0